Translate

Minggu, 16 Februari 2014

CARA MEMBUAT STIKER MUDAH MENGGUNAKAN COREL DRAW



CARA MEMBUAT STIKER  (LATIHAN 2)

Ao.... lanjut yang kemaren ya.... kali ini temanya masih mengenai Corel Draw. Kalau yang kemaren cara membuat kartu nama, kali ini cara membuat stiker. sebenarnya saya sendiri juga masih belajar tapi apa salahnya sih kalau mau berbagi pengalaman pembelajaran? langsung tancap gas...

1. Buat kotak dengan ukuran 30 x 100 mm.


 2. Buat kotak kedua dengan meng-kopi kotak pertama lalu kecilkan dengan ukuran: H = 50 dan V = 15.



3. Lengkungkan sudut-sudut kotak itu, kemudian klik ujung-ujung kotak lalu drag ke arah tengah 

4. Gabungkan kedua kotak itu. [aktifkan kedua kotak – tekan Shift dan jangan dilepas lalu klik kedua obyek]. Klik Arrange Ć  Group. [jika ingin memisahkan kembali klik Arrange Ć  Ungroup].

 
5. Miringkan kotak tersebut dengan cara klik kotak tersebut dua kali dan tarik sesuai dengan keinginan, seperti dibawah ini


6. Untuk membuat bayangan, copy gambar dan beri warna yang berbeda. jika ingin memindahkan obyek kebelakang obyek lainnya maka pilih menu Arrange-Order-to back of page 


7. Buat Teks “Caution”. Aturlah teks ini dengan efek distorsi. Interactive Distortion Tool. Klik obyek yang akan didistorsi. Tanpa dilepas drag ke arah yang diinginkan. Lepas penekanan mouse dan aktifkan Pick Tool.


 8. “jangan DIBANTING”. Atur dengan dua jenis font.  Aktifkan teks. Setelah mengaktifkan Text Tool, blok kata “jangan” pilih font. Blok kata “DIBANTING”, pilih font lain. Atur beda ketinggian huruf pada kata “DIBANTING” dengan mengaktifkan obyek lalu klik Shape Tool. Atur ketinggian huruf dengan menggeser titik putih yang ada di bawah setiap huruf.


 9. Buat outline (garis tepi) pada teks “jangan DIBANTING”. dengan cara: kopilah obyek lalu geser agak ke atas. Kemudian aktifkan obyek asal, klik Outline Pen Dialog Tool. Pada jendela dialog Outline Pen tentukan ketebalan Outline dan pilihan warna. Pindahkan obyek kopian di depan obyek asal.


 10. “NANTI NEMPUI”. Atur dengan Interactive Envelope Tool.
Klik obyek lalu aktifkan Interactive Envelope Tool. Akan muncul garis patah-patah yang melingkupi obyek. Klik garis tersebut dan geser hingga mendapatkan hasil yang diingnkan. Lalu klik Pick Tool.


Tada.... beginilah jadinya.... ini hanya contoh sederhana yang bisa saya buat. semoga bermanfaat ya... bye2x...


3 komentar: